Virtual Account: Pengertian, Jenis dan Cara Kerjanya

Skill yang Wajib Dimiliki Pengusaha, Apa itu Virtual Account (VA)?

Teknologi maju terbukti telah memudahkan aktivitas manusia, termasuk saat melakukan transaksi keuangan. Transaksi pembayaran yang biasanya dilakukan memakai uang tunai kini dapat dilakukan secara non tunai, misalnya melalui Virtual Account (VA).

Bagi pebisnis, metode pembayaran seperti VA sangat penting bagi kepuasan pelanggan. VA memudahkan pembeli untuk melakukan pembayaran tanpa harus memasukkan nominal transaksi. Mari simak penjelasan tentang Virtual Account berikut ini.

Apa itu Virtual Account (VA)?

Apa itu Virtual Account (VA)?

VA adalah metode pembayaran secara virtual menggunakan akun yang dibuat khusus untuk setiap penggunanya. Setiap kali melakukan transaksi, pengguna akan mendapatkan satu akun berupa nomor rekening VA.

Akun ini dibuat secara otomatis dan bersifat unik, artinya tidak dapat digunakan oleh orang lain kecuali Anda sendiri. Pada umumnya, bentuk akun VA adalah berupa kombinasi angka dan huruf yang spesifik.

VA adalah akun sementara yang berbentuk virtual dan digunakan untuk bertransaksi atas nama akun nyata. VA tidak menyimpan uang pembayaran layaknya sebuah tabungan bank. Namun, VA akan mengarahkan uang pembayaran ke rekening bank nyata.

Oleh karena setiap akun virtual bersifat spesifik, maka menerima pembayaran dengan akun virtual akan memudahkan penerima untuk mengidentifikasi pengirim. Selanjutnya, penerima dapat langsung melakukan rekonsiliasi pembayaran secara real time.

Metode pembayaran VA dapat berlangsung menggunakan berbagai alat. Pengguna bisa membayar lewat ATM, internet banking, mobile banking, atau aplikasi financial technology (fintech).

Jenis-Jenis Virtual Account (VA)

Jenis-jenis VA terbagi menjadi 3 kategori, yaitu berdasarkan nomor akun, nominal pembayaran, dan menurut penggunaan. Inilah penjelasannya.

Berdasarkan Nomor Akun

Berdasarkan nomor akun, VA terbagi menjadi dua, yaitu Fixed dan Non-Fixed. Adapun yang menjadi pembeda adalah dari sisi pengguna dan pembayarannya.

  • Fixed Virtual Account

Ini adalah nomor akun virtual tetap yang digunakan oleh satu pengguna. Jadi, pengguna dapat melakukan transaksi pembayaran berulang-ulang ke nomor yang sama. Misalnya, memakai nomor telepon seluler milik pengguna sebagai nomor ID dalam aplikasi e-wallet. Fixed Virtual Account memungkinkan pengguna e-wallet untuk selalu menambah saldo tanpa perlu memasukkan nomor ID tiap kali hendak bertransaksi.

Selain untuk e-wallet, jenis VA ini cocok digunakan untuk pengguna yang membayar produk atau jasa sebuah bisnis secara berulang. Misalnya, berlangganan jasa atau melakukan pembayaran cicilan.

Saat proses pembuatan akun, Fixed Virtual Account dapat diberi nama. Tujuannya agar pengguna tidak keliru saat melakukan pembayaran. Jika Anda memanfaatkan layanan Midtrans sebagai payment gateway, maka ia akan langsung melakukan penamaan.

Sistem Midtrans dapat membuat nomor akun secara otomatis, namun hasilnya akan acak. Selain itu, pebisnis juga dapat memilih nomor yang akan diberikan kepada pengguna, asalkan masih berada di dalam kisaran dan digit yang tersedia.

  • Non-Fixed Virtual Account

Non-Fixed Virtual Account biasanya dipakai hanya untuk sekali pembayaran saja. Pembuatannya dilakukan secara otomatis dan acak oleh sistem. Jika pelanggan memutuskan untuk membeli lagi, maka nomor VA baru akan dibuat secara acak kembali.

Berdasarkan Nominal Pembayaran

Berdasarkan nominal pembayaran, maka VA terdiri atas Open VA dan Closed VA.

  • Open Virtual Account

Jenis VA ini bisa menerima pembayaran dengan nominal yang tak terbatas. Open Virtual Account cocok untuk sistem top-up yang memungkinkan pengguna dapat membayar dengan nominal berapapun.

  • Closed Virtual Account

Pembayaran Closed Virtual Account hanya bisa dilakukan sesuai nominal yang sudah diatur pada saat pembuatan akun. Biasanya pengguna menggunakan VA ini untuk menghindari kesalahan pembayaran.

Berdasarkan Penggunaanya

Terdapat dua jenis VA berdasarkan penggunaannya, yaitu:

  • Single Use

Jenis VA ini hanya bisa dipakai sekali saja. Apabila sudah digunakan untuk membayar, maka akunnya langsung kedaluwarsa.

  • Multiple Use

Multiple Use VA bisa digunakan berulangkali selama statusnya masih aktif. Jenis VA ini cocok diterapkan sebagai sistem pembayaran berulang yang dilakukan oleh pelanggan yang sama. Setelah mengetahui jenis-jenis VA, tentu Anda perlu tahu cara kerjanya.

Cara Kerja Virtual Account (VA)

Cara kerja setiap VA tidak selalu sama, hal ini tergantung provider tempat di mana VA tesebut dipasang. Namun, secara umum, beginilah cara kerjanya:

  • Saat melakukan transaksi dengan pembeli, maka Anda akan memberikan nomor akun unik sebagai tujuan transfer pembayaran.
  • Pembeli akan membuka aplikasi m-banking lalu mencari pilihan pembayaran yang menerima VA (biasanya terletak pada menu “non-transfer”).
  • Kode pembayaran yang telah Anda berikan kepada pembeli akan disalin untuk memulai proses pembayaran melalui VA.
  • Setelah menerima pembayaran, Anda akan mendapatkan informasi transaksi untuk melakukan identifikasi pembeli.

Setelah memahami apa itu Virtual Account maka jangan ragu untuk menggunakannya. Silakan hubungi tim Midtrans yang akan membantu mengatur VA agar bisnis Anda dapat menerima berbagai proses pembayaran secara mudah.

Related Posts