8 Tips Keamanan Digital untuk Melindungi Data Anda

Keamanan digital saat ini penting untuk melindungi berbagai macam informasi pribadi yang bersifat rahasia. Jika bocor, informasi data pribadi kita bisa disalah gunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk kepentingan mereka. Bahkan bisa digunakan untuk mengambil tabungan kita.

Itulah kenapa penting untuk menjaga keamanan informasi digital kita seperti nomor PIN, password, foto pribadi, video dan informasi digital lainnya, terutama yang berhubungan dengan akun bisnis atau finansial kita.

Apa itu Keamanan Digital?

Keamanan digital adalah langkah perlindungan yang dilakukan untuk menyembunyikan identitas diri, data dan aset digital lainnya seperti foto, kata sandi, nomor pin dan lain-lain.

Menurut National Cyber Security Index 2022, Indonesia berada di tingkat 83 dari 160 negara yang rentan terhadap keamanan informasi digital, sehingga masih banyak yang mengalami kebocoran informasi sehingga merugikan pemiliknya.

Jenis Keamanan Digital ada beragam, yaitu firewall, anti virus, proxy, software pemantauan jarak jauh, serta Vulnerability scanner. Semuanya dibuat untuk melindungi data pribadi Anda secara digital, sehingga tidak terjadi pencurian data hingga pencurian finansial.

Tips Keamanan Digital untuk Melindungi Data Anda

Tips Keamanan Digital untuk Melindungi Data Anda
Tips Keamanan Digital untuk Melindungi Data Anda

Ada banyak cara yang dapat digunakan untuk melindungi Anda dari ancaman keamanan informasi digital. Beberapa cara yang dapat digunakan yaitu :

1. Gunakan Koneksi Internet yang Aman

Penggunaan internet menggunakan wifi bisa menjadi potensi ancaman keamanan informasi digital. Apalagi jika menggunakan wifi secara bersama atau gratis. Lebih baik menggunakan wifi sendiri yang aman agar orang lain yang menggunakan wifi sama tidak dapat mengakses jaringan internet kita.

Gunakan password tertentu untuk mengunci wifi kita yang ditandai dengan gambar gembok pada ikon jaringan. Dengan wifi yang terjaga, keamanan digital Anda akan lebih terjamin.

2. Buatlah Password yang Unik dan Kuat

Password penting sebagai pintu masuk informasi digital. Password yang mudah terbaca akan mempermudah orang lain mengakses internet, sehingga keamanan informasi digital Anda akan mudah bocor. Karena itulah gunakan password yang unik dan kuat agar orang lain tidak mudah masuk.

Password yang unik dan kuat biasanya terdiri dari kombinasi huruf kecil dan besar, angka dan simbol. HIndari menggunakan data pribadi untuk password dan carilah kata-kata yang tidak mudah ditebak.

3. Ganti Password Secara Berkala

Mengganti password secara berkala juga dapat dilakukan untuk mencegah kebocoran keamanan digital Anda. Jadi jika tiba-tiba akun Anda berhasil diretas, Anda tak perlu khawatir karena Anda sudah mengganti password yang hanya Anda sendiri yang tahu. Dengan demikian, informasi data pribadi Anda tetap aman.

4. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor (2FA)

Keamanan digital saat ini dapat ditingkatkan dengan mengaktifkan autentikasi dua faktor atau 2FA. Pengamanan informasi digital ini memerlukan verifikasi dua arah, sehingga mempersulit orang lain untuk masuk ke jaringan internet kita.

5. Jangan Klik Link Sembarangan

Saat ini banyak bermunculan link yang disebarkan ke berbagai perangkat. Jika kita mengkliknya, link tersebut akan mengarahkan kita ke web berbahaya yang secara otomatis meretas data pribadi kita. Karena itu berhati-hatilah jika menemukan link sembarangan. Jangan di klik dan langsung hapus.

6. Cek Kredibilitas Website

Ketika Anda memasuki sebuah website, pastikan untuk memeriksa kredibilitas website yang bersangkutan. Caranya dengan mengecek apakah website sudah memiliki SSL, baca ulasan pengguna, periksa reputasinya dan masih banyak lagi cara lainnya.

7. Gunakan Anti Virus untuk Melindungi Data Anda

Tingkatkan keamanan digital perangkat Anda dengan menginstal Anti Virus. Gunanya untuk menjaga komputer atau perangkat Anda dari serangan malware, virus atau upaya pengrusakan lainnya.

8. Selalu Rutin Memperbarui Perangkat Lunak Anda

Pengamanan informasi digital yang terakhir adalah dengan memperbarui perangkat lunak Anda secara berkala. Gunanya untuk memperkecil kemungkinan hacker meretas perangkat Anda karena sudah diperbarui.

Nah itu dia tips keamanan digital yang dapat Anda gunakan untuk melindungi data pribadi Anda. Semoga bermanfaat.