7 Tips Hemat Liburan Tanpa Mengkhawatirkan Saldo Tabungan

Liburan memang menyenangkan, tapi kalau saldo tabungan sedang kekeringan, tentu bakal pikir-pikir lagi.

Buat kamu yang mau menikmati liburan tanpa harus mengkhawatirkan saldo tabungan, sebenarnya tak perlu bingung. Dengan tips berikut, kamu tetap bisa menikmati waktu liburan yang menyenangkan, meski saldo tabungan pas-pasan.

Tips Hemat Liburan Tanpa Mengkhawatirkan Saldo Tabungan

Rencanakan Liburan Jauh Hari

Tips liburan pertama, merencanakan liburan memberikan banyak manfaat. Kamu bisa jadi lebih semangat ketika bekerja atau beraktivitas karena tahu akan menyongsong liburan yang menyenangkan nantinya.

Selain itu, kamu juga dapat merencanakan budget untuk liburan dan mempersiapkannya sejak lama. Baik itu sewa hotel, tiket pesawat, hingga karcis masuk, bisa kamu bayar berbulan-bulan sebelumnya di saat keuangan sedang lancar.

Dengan demikian, tak ada alasan liburan kamu batal karena dompet kamu menipis di hari H.

Hindari Peak Season

Peak season adalah masa puncak liburan paling ramai. Ini biasanya terjadi di musim liburan sekolah atau akhir tahun (Natal dan Tahun Baru). Atau, bisa juga pada momen hari raya keagamaan atau perayaan tradisional di suatu daerah.

Biasanya, saat peak season, harga-harga di tempat wisata akan naik lebih tinggi dari hari biasa. Karena itu, sebisa mungkin rencanakan liburan di hari akhir pekan biasa.

Menghindari masa puncak juga bisa buat kamu lebih enjoy menikmati liburan. Ini karena kondisi tempat wisata relatif tidak terlalu ramai yang bisa mengurangi mood untuk piknik.

Ajak Teman

Liburan sendirian memang seru dan bebas, tapi tetap lebih seru kalau ada yang kamu ajak barengan. Selain karena ada teman ngobrol, kamu juga bisa berbagi biaya liburan dengan teman.

Contoh biaya liburan yang bisa ditanggung bersama antara lain sewa hotel, travel, atau tour guide. Sewa hotel 1 kamar berdua atau sewa motor/mobil lepas kunci bisa sangat mengurangi alokasi untuk akomodasi dan transportasi.

Lumayan, bisa hemat ongkos liburan hingga 50% dari biaya kalau jalan sendirian.

Promo is The Best

Seringkali, aplikasi traveling seperti Traveloka menyediakan diskon atau promo yang bisa sangat menghemat pengeluaran untuk piknik. Jadi jangan ragu untuk menggunakannya.

Selain itu, jika sering menggunakan Traveloka, biasanya kamu akan dapat poin yang bisa ditukar dengan voucher.

Maksimalkan promo dan voucher seperti ini agar liburanmu jadi lebih hemat tapi tetap seru dan nyaman.

Kenyamanan bukan Kemewahan

Liburan memang harus nyaman dan menyenangkan agar berkesan dan mampu menghilangkan kepenatan. Akan tetapi, nyaman tidak selalu berarti harus mewah.

Jika kondisi keuangan kamu sedang kurang baik, maka pilihan standar fasilitas liburan bisa sedikit turun. Asalkan nyaman dan tidak mengurangi keseruan liburan, tentu tak masalah.

Makan di warteg atau minum es kelapa muda di pinggir jalan pun tetap nikmat. Jadi tak perlu harus di kafe atau restoran mewah.

Uang Tunai Secukupnya

Kebiasaan membawa uang tunai dalam jumlah banyak berpotensi meningkatkan dorongan untuk membeli sesuatu. Agar itu tidak terjadi, alangkah baiknya untuk membawa cash secukupnya saja.

Ini akan membantu kamu untuk mengerem nafsu membeli dan hanya beli yang perlu-perlu saja. Terlebih, di lokasi wisata, seringkali harga barang atau jasa lumayan tinggi.

Manfaatkan Fasilitas Pay Later

Pay Later adalah fasilitas untuk membantu kamu menikmati liburan sekarang juga tanpa harus mengkhawatirkan saldo tabungan.

Kamu tetap bisa jalan-jalan dan biayanya akan ditalangi dulu oleh Traveloka PayLater. Selanjutnya, kamu bisa mengembalikan biaya tersebut dengan cara mengangsur atau cicilan.

Ini bisa jadi solusi kamu untuk liburan hemat tanpa mengurangi saldo tabungan. Jadi, liburan tetap jalan dan tabungan kamu tetap aman.

Nah, sudah punya rencana mau liburan ke mana? Yuk segera wujudkan liburan impianmu dan terapkan tips hemat liburan di atas untuk jalan-jalan yang hemat dan nyaman.

Related Posts