6 Skill yang Wajib Dimiliki Pengusaha

Skill yang Wajib Dimiliki Pengusaha, Apa itu Virtual Account (VA)?

Aplikasi kasir ikut menambah ramai dunia bisnis dan usaha. Hal ini juga tidak terlepas dari kesenjangan sosial yang terus meningkat akibat semakin sedikit lapangan pekerjaan formal. Khususnya bagi para millenial yang baru lulus sarjana.

Bahkan di tahun 2020, tren pekerjaan di kalangan milenial bukan berasal dari pekerjaan formal. Namun berasal dari pekerjaan non formal yang dikenal juga sebagai wirausaha, pebisnis atau pengusaha. Hal ini tentu karena banyak faktor.

Salah satunya perkembangan pesat dari dunia digital yang sudah masuk ke seluruh aspek kehidupan manusia. Tak heran, banyak pengusaha mulai bermunculan hari ini dari kalangan millenial. Terutama di bidang usaha start up.

Menjadi Pengusaha Millenial

Kemunculan bisnis atau usaha baru di kalangan milenial membawa iklim berbeda bagi para pengusaha. Pengusaha milenial cenderung lebih praktis dan sering membuat terobosan serta inovasi. Sebab, kehidupan terus berjalan semakin cepat.

Meski demikian, ada banyak juga millenial yang lebih memilih menjadi karyawan atau pekerja formal. Seperti bekerja di perusahaan swasta atau instansi pemerintah. Sebab, menjadi pengusaha bukan sesuatu yang mudah, terutama terkait modal.

Selain modal, jadi pengusaha juga butuh banyak persiapan. Mulai dari persiapan mental, finansial, dan keahlian dalam menjalankan usaha atau bisnis. Belum lagi momok menakutkan adanya kegagalan dan kerugian saat menjalankan bisnis.

Skill Menjadi Pengusaha

Skill Menjadi Pengusaha

Skill atau keahlian menjadi pengusaha harus dimiliki seorang pengusaha. Sebab, menjadi pengusaha bukan suatu yang mudah untuk dilakukan. Apalagi jika usaha atau bisnis yang dijalankan sudah memiliki pegawai yang perlu digaji setiap bulan.

Anda tidak boleh asal dalam menjalankan bisnis tersebut. Namun, Anda dituntut untuk mempunyai strategi dan keahlian. Sehingga mampu mengatasi setiap hambatan, ujian, dan rintasan dalam menjalankan bisnis agar terus berkembang.

Skill tidak terkait dengan bakat atau privilege yang dibawa sejak lahir. Sebab, skill merupakan kemampuan yang dimiliki seseorang untuk melakukan suatu kegiatan. Misalnya, skill menggunakan aplikasi kasir atau memecahkan masalah.

Jadi, skill diperoleh sebagai hasil dari latihan, training, dan pengalaman. Semakin tinggi skill seseorang maka orang tersebut telah menjalankan latihan, training, dan pengalaman yang panjang dan sulit. Alhasil, tercipta kompetensi skill mumpuni.

Berikut ini 6 skill yang wajib dimiliki pengusaha.

1. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik

Skill komunikasi menjadi keterampilan yang harus dimiliki pengusaha. Sebab, pengusaha akan bertemu banyak orang, baik calon klien, partner kerja, maupun para pegawai. Skill ini akan memudahkan Anda untuk menyampaikan apa saja.

2. Mampu berpikir analisis

Skill berikutnya yakni kemampuan berpikir analisis. Hal ini berguna untuk membaca situasi dan kondisi. Bahkan bisa digunakan untuk memprediksi masa depan. Skill ini layaknya indra keenam bagi pengusaha agar bisnis berjalan baik.

3. Tidak gagap teknologi

Era digital yang berkembang harus diimbangi dengan skill melek teknologi. Tidak gagap teknologi berarti Anda mampu memahami serta menggunakan informasi bentuk digital. Sehingga bisnis mampu bersaing dan berkembang di era digital.

4. Mudah beradaptasi

Skill ini juga wajib dimiliki pengusaha. Kemampuan beradaptasi akan membuat Anda lebih fleksibel menghadapi kemungkinan yang ada. Misalnya, perubahan tren, lingkungan hingga perilaku konsumen yang terkait keberlangsungan bisnis.

5. Berani mengambil keputusan

Berani mengambil keputusan termasuk skill penting sebagai pengusaha. Terlebih ketika bisnis sedang berada pada masa sulit atau membutuhkan inovasi baru agar semakin berkembang dan survive. Pengusaha harus segera mengambil tindakan.

6. Pintar memanajemen waktu

Kesibukan seorang pengusaha berbeda dengan seorang pekerja. Pengusaha harus siap dengan segala kesibukan. Bahkan saat semua orang terlelap dalam mimpi di malam hari. Oleh karenanya, pintar memanajemen waktu mutlak diperlukan.

7. Mampu membangun kedekatan

Skill membangun kedekatan juga perlu dimiliki pengusaha. Sebab, pengusaha harus bisa membangun emosional orang di sekitarnya, baik calon klien, partner bisnis hingga para karyawan agar terbangun hubungan kerja sama yang erat.

Dukungan Moka POS bagi Pengusaha

Dukungan Moka POS bagi Pengusaha

Banyak skill wajib yang harus dimiliki pengusaha. Hal ini tentu bukan suatu yang mudah dicapai dalam waktu singkat. Tapi jangan khawatir, telah tersedia tools yang memudahkan para pengusaha dalam menjalankan bisnis dan usahanya.

Salah satu tools tersebut yakni aplikasi kasir dari Moka POS. Moka POS merupakan aplikasi online berbasis cloud yang dapat membawa potensi usaha Anda ke level lebih tinggi. Aplikasi ini memiliki banyak manfaat dalam bisnis.

Semua manfaat yang diberikan Moka POS memang dirancang khusus untuk pengusaha. Sebab, pengusaha yang menjalankan bisnis akan sering berhadapan dengan proses penjualan. Dan proses ini haruslah mudah dilakukan dalam sekejap.

Faktanya, proses penjualan malah menghabiskan waktu berjam-jam. Bahkan pengusaha direpotkan oleh pembuatan laporan penjualan, pengecekan inventaris barang dan stok, serta urusan rincian lain yang membuang banyak waktu.

Aplikasi kasir Moka POS

Aplikasi kasir Moka POS (Point of Sale) membantu pengusaha mengelola transaksi. Tampilan aplikasi tidak seperti tampilan kasir pada umumnya. Namun sudah terintegrasi dengan beragam platform online termasuk pembayaran digital.

Aplikasi ini juga memberikan fitur untuk manajemen meja. Mulai dari rencana denah hingga kebutuhan meja. Semua bertujuan untuk menciptakan suasana dan kenangan terbaik bagi konsumen yang melakukan transaksi dengan usaha Anda.

Selain mengelola transaksi, aplikasi kasir juga memberikan berbagai data krusial yang disajikan lebih ringkas dan sistematis. Mulai dari data pengunjung di periode tertentu, hingga data stok barang maupun inventaris modal yang masih tersedia.

Related Posts